Lhokseumawe – Fenomena gerhana matahari total diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada 9 Maret 2016. Sementara untuk wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, akan terjadi gerhana matahari parsial atau sebagian yang persisnya terjadi pada pukul 06.26 WIB – 08.26 WIB.

Demikian dikatakan Ahli Ilmu Falak Ustad Ismail kepada RRI di Lhokseumawe, Senin 07 Maret 2016. Dikatakan, untuk persentase maksimal terjadi gerhana matahari di Lhokseumawe dan sekitarnya diperkirakan 2 persen piringan matahari ditutupi piringan bulan yang terjadi sekitar pukul 07.22 WIB.

“Untuk Lhokseumawe kita perkirakan tidak terjadi gerhana matahari total. Namun gerhana matahari parsial atau sebagian,” katanya.

Ustad Ismail mengimbau masyarakat untuk tidak melihat gerhana matahari secara langsung dikarenakan dapat membahayakan mata, sehingga ia menganjurkan untuk melihatnya dengan menggunakan kaca mata khusus agar tetap aman bagi mata.

“Kita memang membagikan kepada masyarakat kaca mata khusus untuk melihat gerhana yang kita dipusatkan di lapangan KP3 Lhokseumawe. Namun kaca mata itu kita dibagikan sementara, bukan untuk dibawa pulang,” tandasnya.

Mukhlis Azmi / RRI.co.id

Advertisements